HomeBisnisPergulatan Masa Depan, Pertempuran Penguasaan Hak Kekayaan Intelektual

Pergulatan Masa Depan, Pertempuran Penguasaan Hak Kekayaan Intelektual

Dalam banyak kesempatan diskusi mengenai meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sangat disadari pentingnya menumbuhkan UMKM dan Industri kreatif untuk menjadi pemain Global.

Menumbuhkan para pelaku UMKM dan industri kreatif hingga cukup mampu memasuki pasar Global dipenuhi berbagai tantangan, mulai dari mempersiapkan sumber daya manusia siap kerja yang mumpuni, akses pada permodalan, hingga kemampuan membuat kemasan layak ekspor.

Semua pembahasan itu penting adanya dan membutuhkan kegigihan untuk mengurai semua permasalahan yang ada dan menemukan solusi yang tepat guna dan berdaya guna. Akan tetapi saat ini sangat kurang dilakukan pembahasan bagaimana memenangkan pertempuran melalui penguasaan hak kekayaan Intelektual.

Kita semua melihat bagaimana Merek besar menjadi penguasa dunia seperti Apple, Samsung, HP, Dell dan lain lain, dengan basis produksi di luar negerinya sendiri. Tetapi kita jarang melihat Merek Indonesia yang memasuki pasar negara lain.

Dengan modal jumlah penduduk Indonesia, maka sesungguhnya kita telah memiliki potensi pasar domestik yang cukup untuk mengangkat sebuah Merek pada sebuah skala ekonomi yang layak. Modal tersebut harus dimanfaatkan dengan jeli sehingga Merek tersebut dapat mulai dipasarkan ke negara lain.

Hal mendasar yang harus dibangun adalah kesadaran bahwa Nilai sebuah Merek itu memiliki Nilai komersial yang sangat besar jika dikembangkan dengan baik.

Beberapa Merek Indonesia seperti speed Up, League, Mustika Ratu, Bakmi GM adalah segelintir contoh merek yang telah memiliki Nilai Ekonomi pada mereknya, hanya saja masih belum ditumbuh kembangkan secara maksimal sebagai pemain Global.

Sebagai  sebuah bangsa besar tentunya kita harus bersepakat untuk tidak membiarkan negara kita di dominasi oleh Merek asing saja tetapi dapat menjadi lahan pembiakan Merek Indonesia untuk tumbuh menjadi pemain Global.

Kita harus secara sadar memberi kemudahan pendaftaran merek dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya dan pada saat bersamaan memberikan perlindungan Hukum secara berkesinambungan pada percobaan percobaan pelanggaran kepemilikan hak kekayaan Intelektual.

Para pembatik kita harus dibangkitkan kesadarannya untuk membangun mereknya, melindungi hak atas kekayaan inteltual desain desain atau corak corak batik nya, agar desain terseut dapat terus memberikan nilai baginya.

Insan dunia kuliner harus disadarkan bahwa resep resep baru mereka yang diangkat dari kekayaan khasanah Kuliner Indonesia patut mendapatkan perlindungan hak kekayaan Inteltualnya dan berkembang terus nilai kekonomiannya.

Para game developer, animator harus terus di gugah untuk terus berkaya dan mendaftarkan setiap karakter rekaannya agar mereka dapat memaksimalkan hak keyaan Inteletual atas kreasinya. Penggiat Film harus digugah untuk giat mendaftarakan setiap cerita, karakter bahkan ilustrasi musiknya agar mereka akan terus menerus dapat menikmati nikai ekonimi atas ciptaannya kelak.

Para pemusik harus pula dibantu mempermudah mendaftarkan haknya atas lirik lagu, komposisi dan kesleuruhan koleksi meusik ciotaannya, sehunga segala bentuk pemanfaatan nya kelak dapat dinikamti nilai eknomisnya oleh penciptanya.
Gerakan untuk memenangkan pertempuran dagang masa depan antar negara harus dimulai dengan gerakan mencintai merek Indonesia, menggunakan buatan Indonesia dan memasarkan buatan Indonesia.

Segala bentuk kegiatan menuju tumbuhnya sebuah merek Indonesia patut mendapatkan Insentif. Kebijakan Fiskal yang tepat untuk setiap uoaya membangin merek Indonesia harus mulai di diskusikan dan diupayakan realisasinya secepatnya agar merek Indonesia memiliki keunggulan dalam bersaing.

Kebijakan yang berpihak pada merek Indonesia di setiap pengadaan pemerintah haruslah tidak menjadi wacana saja tetapi harus menjadi sebuah kenyataan. Relaksasi bea masuk pada komponen industry yang terkait dengan penumbuhan merek Indonesia harus dilakukan dengan segera.

Kebijakan pembiayaan yang tepat guna bagi mereka yang membangun merek Indonesia harus dengan sadar diciptakan. Pembiayaan bagi Upaya membangun merek Indonesia haruslah diberi kemudahan baik dari segi tingkat suku bunga maupun dari segi panjangnya masa pembiayaan.

Membangun sebuah badan Usaha Pemerintah yang bertugas memsarkan Produk Indinesia dan Priduk ber Merek Indonesia harus segera dilakukan dengan tujuan yang jelas, yaitu memnangkan pertempuran oerdagangan dunia melaui kekuatan hak kekayaan Intelektual. Badan pemasaran UMKM dan industry Kreatif ini harus berhadapan dengan kekuatan distributor Global yang telah melakukan penetrasi pasar dengan sangat massif. Karenanya badan ini harus dipimpin oleh mereka mereka yang memiliki pengetahuan tentang pemasaran dunia, jalur distribusi produk industry kreatif dan akses pada modal yang besar.

Badan usaha ini juga sebaiknya dapat dengan sadar bekerjasama dengan para penggiat untuk menciptakan pertumbuhan dan traksi bagi setiap hasil karya dab merrek Indonesia agar dapat tumbuh menjadi meiliki nilai yang tinggi

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita memiliki kemauan yang kuat, keberanian dan keteguhan hati untuk memberikan yang terbaik bagi negara kesantuan Republik Indonesia dan kesabaran untuk memulai dari sangat awal.

Mari kita bekerja bersama Untuk Indonesia, cintai, beli dan gunakan Merek Indonesia, teruskan untuk menjual Merek Indonesia dan menjadi pemenang persaingan Global dan membanjiri pasar dunia dengan merek Indonesia.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *