HomeUncategorizedNilai Pancasila dalam era Tehnologi Informasi

Nilai Pancasila dalam era Tehnologi Informasi

Menjelang memasuki bulan september, rasanya patut kita merenungkan bagaiman kita harus mengisi kehidupan di era tehnologi informasi dengan pancasila

Sebagai sebuah dasar negara, seharusnyalah Pancasila benar benar sudah masuk dalam jiwa dan pikiran setiap Insan Indonesia.

Akan tetapi perkembangan tehnologi informasi yang membuat segala sesuatunya nyaris tanpa batas, batas geografis, batas tata nilai, batas hubungan antar pribadi membuat kita harua memberikan pemaknaan yang disesuaikan dengan era ini, kita juga harus ketat mengawal nilai nilai luhur ini.

Tak ditampik bahwa setiap sila dalam pamcasila dianggap masih relevan. Kita tetap harus berkeTuhanan dalam bersosial media, dalam melakukan postingan pribadi, dalam berinteraksi dalam chat room, kita juga harus mempertimbangkan apakah setiap kata, tindakan kita akan mempengaruhi persatuan Indonesia. Apakah twitwar kita tentang sesuatu hal akan mengarah kepada musyawarah untuk mufakat, dalam kesadaran bersama menuju Indonesia yang selalu menjadi lebih baik dan lebih baik agau justru menuju perpecahan bangsa ?

Fakta menunjukan bahwa pemanfaatan social media justru mendorong kita menjauhi nilai nilai pancasila, , mendorong kita menjadi hostile, mendorong kita menempatkan popularitas diatas kebenaram substantif, mendorong kita hanya mengejar pengikut kosong tanpa jiwa.

Dunia tehnologi Informasi yang cenderung self regulated, sesungguhnya akan memunculkan punishment tersendiri bagi mereka yang mengabaikan nilai nilai pancasila, terutama sanksi sosial ala social media.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana oligarki media yang nyata nyata dapat membentuk opini dan membentuk kebenaran berperan dalam mengabadikan nilai pancasila ? Rasanya pertanyaan inilah yang harus dijawab, hanya waktu yang akan menghadirkan bukti dan jawaban. Akan tetapi kita semua, Insan Indonesia yang masih memiliki kesadaran dan kecintaan pada bangsa, sebaiknya mengawal terua fenomena ini.

Semangat merah putih lah yang bisa mengawal bangsa ini menuju kejayaannya.

Salam Merah Putih

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *