HomeOlahragaMenata Ulang Pembinaan Olahraga

Menata Ulang Pembinaan Olahraga


Hasil SEA Games lalu yang kurang menggembirakan sebaiknya kita gunakan untuk introspeksi dan melakukan perbaikan selekasnya.

Tanpa berpretensi hendak menyalahkan siapapun, hal yang segera perlu diperbaiki adalah perbaikan sistem administrasi dan tata kelola perencanaan keuangan. Management olahraga modern haruslah segera di adopsi dan permasalahan klasik mekanisme pengganggaran negara harus dicarikan solusi.

Hal lain yang juga segera perlu dilakukan terobosan penuh keberanian adalah merubah jadwal penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON)

Jadwal PON yang berada di tahun yang sama dengan Olimpiade menyiratkan bahwa pembinaan olahraga nasional tidak menempatkan Olimpiade sebagai sebuah target prestasi.

Idealnya PON yang adalah ajang pembuktian prestasi atlet nasional berada dalam sebuah mata rantai urutan penyelenggaraan dengan SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

PON sebaiknya dilaksanakan di tahun sebelum SEA Games dan Asian Games, yang kemudian berujung pada Olimpiade.

Kita harus berani merubah pembinaan olahraga menjadi lebih outward looking dan menyasar pretasi prestasi Internasional.

Pemberian sarana pendidikan dan akses pada pendidikan tinggi bagi Atlet juga sebaiknya mendapat perhatian semakin besar. Pengalaman membuktikan jika atlet merasa memiliki peluang menatap masa depan pasca umur prestasi terlalui dengam cerah, prestasi merekapun dapat meningkat secara berkelanjutan untuk periode waktu yang lebih panjang.

Semoga sumbangan pemikiran ini dapat memberi warna pada pembinaan olah raga nasional.

Salam Patriot Olahraga

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *