HomeBisnisMembangun Usaha Kecil Menengah dan industri kreatif

Membangun Usaha Kecil Menengah dan industri kreatif

Berbagai upaya membangun UKM indonesia dan Industri Kreatif sudah dilakukan. Hanya sayang memang belum terasa dampaknya, bisa karena kurangnya penyebaran informasi atau bisa jadi karena memang benar benar belum terasa dampaknya.

Dengan sebagian besar pelaku yang belum berbadan usaha tentu akan menyulitkan dalam memberikan dorongan, bantuan dan kebijakan yang spesifik dan tepat guna. Belum lagi kenyataan bahwa banyaknya pengkategorian dalam proses pencarian data yang sudah kurang tepat, tentu akan membawa kita pada proses pembentukan kebijakan yang kurang tepat.

Langkah Bekraf untuk membina dan membangun champion tentu harus di hargai dan dindorong agar mereka, para champion itu kelak dan menjadi faktor pendorong para pelaku baru untuk juga menjadi champion.

Akan tetapi Indonesia saat ini membutuhkan langkah nyata untuk mendorong angka pertumbuhan nyata yang benar benar dapat dirasakan impactnya.

Kita harus berani memilih sektor yang tepat seperti Muslim Fashion dan Kuliner misalnya sebagai faktor penarik berbagai industri penunjangnya.

120 Triliun KUR harus dapat dipastikan jatuh pada aplikan aplika baru yang dengan segera akan terasa multiplying effectnya.

Intermediary bodies harus dipilih secara jeli agar tidak berubah menjadi perpanjangan rente ekonomi dan justru menjadi agent of growth.

Simplifikasi proses perijinan, bantuan pemgurusan hak kekayaan intelekual dan penegakan hukumnya, proses pendampingan, penetrasi pasar pasar ekspor baru harus dilakukan dengan dioimoin oleh dirigen yang mumpuni yang mampu mengorkestrasi seluruhnya menjadi sebuah manivestasi gerakan yang indah yang memberi dampak bagi perkuatan ekonomi Indonesia.

Catatan Minggu Malam TA

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *