HomeUncategorizedMakna Merdeka

Makna Merdeka

69 tahun sudah kita merdeka, umur menjelang dewasa bagi sebuah negara berdaulat. Sudahkah kita memasuki tahap dewasa sebagai sebuah negara berdaulat ?

Mari terlebih dahulu kita maknai kata merdeka. Merdeka adalah sebuah kondisi dimana warga negara, disebuah negara yang merdeka, memiliki keleluasaan menyatakan pendapatnya, bukan atas hasil “bimbingan dan arahan” negara lain.

Merdeka adalah sebuah kondisi dimana negara dapat menentukan sendiri apa yang dianggap perlu dilakukan untuk kesejahteraan rakyatnya, bukan atas “petunjuk” negara lain yang tentu memiliki iepentingan tertentu.

Merdeka adalah sebuah kondisi mental dan psikologis seluruh masyarakat sebuah negara yang merasa aman damai tentram dalam sebuah lingkungan yang saling menghargai perbedaan dan kemajemukan.

Merdeka menjadi kehilangan makna saat seorang d

ari propinsi terujung menyatakan pendapat dengan lantang, tetapi karena ada sejumlah orang yang berebeda pendapat kemudian saudara kita dari propinsi terujung itu dianggap aneh, di cerca dan di tekan.

Merdeka menjadi kehilangan makna saat hak hak konstitusional sesama warga direndahkan. Merdeka kemudian menjadi kehilangan makna saat esensi demokrasi menjadi hilang, atas dasar angka semata, bukan pada makna kemedekaan berpendapat setiap warga negara.

Perjalanan berdemokrasi negara ini masih panjang untuk menuju sempurna tapi bukan berarti dalam perjalanan penuh warna itu hak kemerdekaan setiap warga negara dapat diabaikan begitu saja.

Merdeka ! Sekali Merdeka tetap Merdeka ! Kedaulatan NKRI harga mati !

Salam Merah Putih

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *