HomePolitikGenerasi yang hilang

Generasi yang hilang

Gegap gempita politik yang berlangsung membawa kita semua pada kesibukan menonton peristiwa, terseret dalam diskursus ini itu sehingga nyaris melupakan satu hal yang penting.

Hal tersebut adalah penyiapan generasi penerus. Seyogyanya, apapun yang kita lakukan di masa kini, adalah mempersiapkan agar generasi berikutnya memperoleh kesempatan lebih besar, memperoleh peluang menjadi insan bangsa yang disegani di dunia internasional dan menjadi generasi yang secara terus menerua melakukan perbaikan demi tercapainya cita cita bangsa.

Tetapi dalam gegap gempita yang sedang berlangsung, kita nyaris lupa memberikan pensidikan penting bagi penerus kita. Kita lupa memberi pencerahan bahwa perbedaan pendapat itu sah dan harus di sikapi sebagai pergumulan gagasan, bukan perselisihan individu. Para founding fathers kita sering berdebat keras dalam gagasan, tetapi sebagai manusia mereka tetap berteman dekat. Ini bisa dilakukan karena adanya kepercayaan besar bahwa pergukalan gagasan itu biasa dan pergulatan gagasan itu dilakukan dengan dasar yang sama yaitu untuk kemajuan bangsa.

Kita juga lupa memberikan pendidikan bahwa tidak ada yang instan. Pencitraan hanya tools, tetapi kerja politik, yang mendengarkan konsituen dengan baik, kemudian menyampaikan aspirasinya secara tepat, tanpa bias itu lebih penting dari sekedar citra.

Kita terjebak pada visualisasi citra dan mengabaikan esensi.

Kita juga lupa mengajarkan penerus kita, bahwa ada etika, kepatutan, fatsun yang harus di junjung dalam setiap langkah politik dan berorganisasi sehingga bisa terjadi pergulatan gagasan yang genuine.

Tak ingin rasanya kita hanya menciptakan generasi yang hilang dari pergulatan gagasan membangun bangsa dan menjadi genrasi yang hanya terjebak pada visualisaai citra tanpa ruh dan menjadi generasi yang mudah di cucuk hidungnya oleh asing.

Semoga dalam waktu kedepan kita bersama dapat membangun  kesadaran untuk menciptakan generasi tangguh, cerdas bermatabat dan bukan generasi yang hilang.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *